Cara Membuat Paspor Elektronik ( E-Paspor )

epasporBerhubung masa berlaku paspor saya akan berakhir, maka saya harus memperpanjang dan membuat paspor baru. Beberapa saat ini sedang ramai-ramai orang membuat paspor elektronik ( e-paspor), sayapun ingin membuat paspor elektronik juga. Beberapa manfaat jika memiliki paspor elektronik, antara lain tidak perlu ikut mengantri di imigrasi sebelum terbang ke luar negeri, karena bisa lewat auto gate, juga bisa masuk negara Jepang tanpa menggunakan visa. Wah lumayan juga.

Untuk pembuatan paspor elektronik, bisa dilakukan di beberapa kantor imigrasi di Indonesia. Jadi tidak semua kantor imigrasi melayani pembuatan paspor elektronik. Paspor elektronik sementara ini bisa di kantor imigrasi tertentu, diantaranya :

  1. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan
  2. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat
  3. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno – Hatta
  4. Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat
  5. Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara
  6. Kantor Imigrasi Kelas I  Tanjung Priok
  7. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya
  8. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam

Berikut cara membuat paspor elektronik sendiri :

  1. Yang paling utama dan tidak boleh ketinggalan adalah syarat – syarat pembuatan paspor elektronik. Nama harus sama di semua dokumen, alamat pada KTP dan Kartu Keluarga juga harus sama. Sebenarnya KTP saya ktp Pamulang, karena saat ini saya ada di daerah Jawa Timur, maka saya mengajukan perpanjangan paspor di wilayah Surabaya. Masih bisa dilayani selama semua data sama. Dokumen yang diperlukan adalah KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan paspor lama bila memperpanjang ( semua dokumen harus  asli dan juga harus difotocopy ). untuk lebih jelasnya bisa klik disini.
  2. Datang ke kantor imigrasi terdekat. Ingat hanya kantor imigrasi tertentu yang bisa melayani paspor elektronik. Saya memilih Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya, di daerah Waru. Kebetulan untuk proses pembuatan paspor elektronik saat ini tidak bisa dilakukan secara online, maka saya harus datang sendiri ke kantor imigrasi.
  3. Setelah sampai di kantor imigrasi dengan membawa semua dokumen, saya harus menunjukkan dokumen asli dan fotocopy, sebelum diberi nomor urut antrian untuk interview dan pengambilan foto. Petugas akan memberikan form yang perlu diisi sebelum interview. Isi data yang benar. Setelah semua selesai, tunggu panggilan nomor antrian sesuai yang kita dapat.
  4. Proses interview dan pengambilan foto dilakukan di satu meja. Hanya diperlukan beberapa menit saja. Pastikan data yang tercantum di paspor elektronik nantinya benar. petugas akan menunjukkan hasil print atau contoh hasil foto dan data nama serta tanggal lahir yang nantinya akan menjadi data paspor elektronik.
  5. Setelah itu petugas akan memberi satu lembar kertas untuk pembayaran ke BNI 46. Besarnya biaya Rp. 655.000. Pembayaran sebaiknya dilakukan di hari yang sama supaya proses pembuatan paspor elektronik juga menjadi lebih cepat. Kita tidak perlu kembali ke kantor imigrasi setelah melakukan pembayaran di BNI 46. Simpan saja bukti pembayaran dan fotocopy. Dibawa pada saat mengambil paspor elektronik.
  6. Sambil menunggu pemberitahun dari kantor imigrasi ( via SMS ) apakah paspor sudah jadi atau belum, kita juga bisa mengecek secara online disini.
  7. Setelah dapat SMS dari kantor imigrasi yang memberitahu kalau paspor elektronik sudah bisa diambil. Bawa bukti pembayaran dari BNI 46 dan fotocopy satu lembar. Serahkan ke petugas bagian pengambilan paspor, nanti petugas akan memanggil nama kita untuk pengambilan paspor elektronik. Sebelum pulang jangan lupa untuk fotocopy paspor elektronik yang baru saja diperoleh sebanyak 2 lembar dan serahkan ke petugas. Selesai proses pembuatan paspor elektronik. Gampang dan tidak ribet.

Oh ya, paspor yang dikeluarkan kantor imigrasi saat ini, mempunyai wajah baru, warna baru. Bukan paspor hijau lagi. Warna baru paspor sekarang adalah biru laut atau biru samudra, dengan gambar kekayaan alam Indonesia di semua halaman paspor. Tiap halaman gambarnya berbeda-beda.

epasporepasporepasporepaspor

 

Untuk lebih lengkap informasi tentang pembuatan paspor biasa atau paspor elektronik bisa di lihat www.imigrasi.go.id

About Atik

Saya lahir dan besar di sebuah kota kecil di daerah Jawa Timur. Hobby bepergian, berpetualang, berenang, berkebun dan saat ini senang untuk belajar memasak ( cukup masakan sehari hari dan mudah untuk dipraktekkan). Saya suka mencoba hal – hal baru, supaya punya banyak kesempatan dan pengalaman. .
This entry was posted in ASIA, East Java, Indonesia, Travel and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Cara Membuat Paspor Elektronik ( E-Paspor )

  1. Ardianzah says:

    Wah.. Baru tau saya ada tampilan paspor baru kyk gini. Paspor saya masih yg lama warna ijo. Hehe. Nice info… Btw salam kenal ya🙂

  2. SHANDY says:

    Mbak, proses-nya dari setelah foto+interview berapa hari yah?
    Misalkan, saya pengajuan, foto+interview, jadinya paling cepat hari apa?
    Dan apa ada batasan jam-nya juga, misal harus diambil di atas jam 13 atau sebelum jam 12??

    Terima kasih infonya

    • Atik says:

      proses setelah foto + interview dan bayar ke BNI, hanya 3 hari kerja.
      sebaiknya pagi hari ambil no antrian, soalnya yang mengajukan paspor banyak sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s