Visa Schengen ( via Norwegia )

Kali ini saya akan berbagi pengalaman selama proses pembuatan visa schengen. Kebetulan negara pertama yang saya masuki adalah negara Norwegia, jadi saya mengajukan visa schengen lewat kedutaan negara Norwegia di Jakarta.

Sebelum mengisi form aplikasi visa sebaiknya baca terlebih dahulu website untuk pengujuan visa schengen. Untuk informasi lebih banyak tentang kedutaan Norwegia yang ada di jakarta dan konsulat bisa di baca di Norway Embassy .

Proses dari pengisian aplikasi visa ke jadwal interview sangat dekat, jadi harus benar – benar mempersiapkan syarat – syarat yang diperlukan.

Pengisian aplikasi visa sendiri bisa dilakukan secara online atau manual. Bisa di baca tata cara pengajuan visa di situs resmi untuk visa schengen.  Untuk jadwal interview bisa juga di lakukan secara online atau telpon langsung ke kedutaan atau konsulat yang ada.

Syarat – syarat yang diperlukan untuk pengajuan visa schengen ( via Negara Norwegia ) :

  • 2 buah photo ukuran passport dengan latar belakang putih.
  • Paspor asli dan fotocopy halaman depan paspor yang masih berlaku ( setidaknya 3 bulan sebelum masa berlaku habis setelah kembali dari kunjungan yang dijadwalkan ). Bila memiliki visa sebelumnya hendaknya difotocopy juga.
  • Memiliki asuransi perjalanan ( sejumlah hari selama tinggal yang dijadwalkan + periode 15 hari setelah hari kepulangan yang dijadwalkan ).
  • Dokumen penunjang yang lain, misalnya surat undangan dari instansi atau perorangan yang berada di Norwegia, guarantee form from visit dari pihak yang mengundang, bank statement, dan bukti tempat tinggal selama di Norwegia.
  • Bukti tiket perjalanan berangkat dan pulang ke Indonesia ( tidak perlu membeli tiket dulu sampai ada jaminan mendapatkan visa ).
  • Surat keterangan dari perusahaan tempat bekerja atau dari sekolah kalau masih berstatus sebagai siswa/mahasiswa

About Atik

Saya lahir dan besar di sebuah kota kecil di daerah Jawa Timur. Hobby bepergian, berpetualang, berenang, berkebun dan saat ini senang untuk belajar memasak ( cukup masakan sehari hari dan mudah untuk dipraktekkan). Saya suka mencoba hal – hal baru, supaya punya banyak kesempatan dan pengalaman. .
This entry was posted in Europe, Norway, Travel and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Visa Schengen ( via Norwegia )

  1. Juls says:

    Halo Mbak Atik, mau nanya dong.. Total dateng ke kedutaan norway nya berapa kali? Dua atau lebih? buat siap2 kira2 ijin kantor harus berapa kali gitu. Makasih ya..

    J

  2. Rosie says:

    🙂 salam kenal mbak atik,
    mbak seumpama kesana mau nemuin teman, guarantee form visitnya gimana?
    trus untuk rekening bank ttg transaksi 3bulan terakhir gimana mbak?soalnya sy masih mahasiswa jadi kalo nominal segitu kan ndak ada di rekening saya hehehehe🙂 thks infonya

    • Atik says:

      @Rosie > salam kenal juga. untuk guarantee from visit, annti di embassy tersedia formnya, kita tinggal pilih jenis form apa yg kita perlukan (tergantung hubungan kita dgn pihak yg mengundang kita – pacar atau tunangan atau suami/istri). biasanya pihak pengundang menyertakan rekening bank ( biasanya 3 bulan terakhir). untuk jumlah nomimal saya juga kurang mengerti berapa minimalnya.

  3. Tunggul says:

    Salam kenal Mbak,
    Mau tanya sedikit, total berapa lama proses selesainya visa, mulai dari submit ke embassy sampai pengambilannya? Soalnya dulu ketika saya applied tahun 2008 masih sekitar 2 minggu.
    Terima kasih banyak sebelumnya.

    • Atik says:

      Salam kenal juga,
      untuk visa schengen ( via norway ) saya peroleh dalam seminggu. kita perlu aktif untuk telpon/informasi ke embassy setelah interview, karena pengalaman saya dari beberapa kali pengajuan visa, visa schengen (via norway) ini merupakan visa yang paling lama saya peroleh. rata2 dalam 2 hari saya sudah bisa mendapatkan visa.

  4. Hai mba atik… Kebetulan saya akan ke norway untuk summer school… Mohon info untuk booking tiket pesawat yang diajukan dalam pengurusan visa..hanya bentuk bookingan saja ya? Belum diibayar? setelah aku cek, rata-rata maskapai tersebut membutuhkan waktu maksimal 24 untuk pembayaran, jika lewat dari itu, kita harus booking lagi….

    Jika saat kita apply visa, tapi bookingannya hangus gimana mba?

    Mohon info ya…

    Regards,
    Dini

    • Atik says:

      Hi Dini, untuk tiket jangan buru2 pembayaran dulu. kamu minta tolong ke agen tiket untuk membuatkan itinerary. Bilang ke mereka tiket akan diterbitkan kalau sudah ada pemberitahuan dari Embassy tentang visa yang kamu dapat. Karena sewaktu kita mengambil visa ke kedutaan, pasti akan ditanyakan tiket yang kamu punya ( asli). Jadi kamu pembayaran tiket setelah ada info dari kedutaan tentang visa yang kamu dapat.
      mudah2an info ini bisa membantu.

  5. younie says:

    hello mbak atik salam kenal… saya mau liburan ke norwey jumpa sama teman indonesia yang udah nikah sama orang sana trus dia yg ngundang syaratnya apa aja ya? apa masih ada kemungknan saya di terima visanya soalnya dulu 3 th yg lalu pernah jadi au pair di sana. trus saya pernah aplay visa holiday ke canada di tolak soalnya paspor saya ada bekas krj di norwey.
    gimana mbak..? thanks

Leave a Reply

